Laman

Sabtu, 12 Oktober 2013

Ikhtiar Kata

Oleh: Mukhlas Nugraha















Membuka tabir makna
Makna di dalam jiwa
Untuk sebuah kata menjadi rangkaian kata
Kata dalam lingkaran makna
------------
Dalam pandangan batin mata
Ku temukan titik-titik kata itu di dalam jiwa
Akal mencoba meraihnya
Untuk sebuah makna dalam susunan kata

Aku masuk dan menyelamkan diri dalam lautan kata
Di sana ku terkejut melihat ribuan kata terserak di mana-mana
Kata tak bermakna pun ada di dalamnya
Aku bingung manakah kata bermakna yang aku cari itu?
Dia ada dibalik bongkahan batu karang yang keras dan terselip diantara kata yang tak aku suka.
Aku kesulitan...
Mata batinku tak setajam di saat aku masih di luar jiwa
Akalku tak sedalam, sedalamnya lautan kata
Mungkinkah matahari telah mengurangi sinarnya, sehingga lautan menjadi gelap gulita?
--------
Akhirnya aku berusaha menenangkan diri
Mengenali diri, ada apa dengan diri ini
Adakah diri ini merusak diri?
Sehingga makna itu takut dengan diriku?
Aku rasakan itu...
Kejolakan diri antara nafsu natiqah dan hayawānī
Allāhu yā Rabbī...
----------
Aku pulang dengan sederet kata yang ada
Tak hiraukan kata bermakna terbubuh oleh kata tak bermakna
Aku rangkul kata-kata itu dengan erat-erat
Untuk si rongga di muka karena tak sabar untuk berkata
Saat ini, jangan kau tanyakan kenapa, wahai sahabatku rongga di muka !
Sabar...
Janjiku..
Aku pasti dapat menguasai lautan kata itu
Menyelubungi dan menyelinap setiap kata perkata
Untuk meraih makna dalam susunan kata
Susunan kata dalam lingkaran bola makna..


Kuala Lumpur,
Jum’at, 11 Oktober 2013; 04:07 pm

2 komentar:

  1. Subhanallah.... sedang menyelam dalam lautan kata rupanya. semoga menemukan berlian makna di dasar sana... :)

    BalasHapus